.


Sunday, November 11, 2007

New Mexico (Albuquerque, Santa Fe, Carlsbad)

Peringatan, postnya panjang nih :).

Day 1. Las Vegas -Albuquerque

Naik pesawat jam 10.15 pagi, berangkat ke bandara bareng suami jam 9 pagi, ternyata pesawat suami *menuju Hawaii* adanya di terminal 2, ya udah, say goodbye di taxi deh *me - turun duluan :)*.

Pas Ngantri di Pintu masuk buat ke gate, seperti biasa, buka sepatu, nunggunya lamaaaaa..mesinnya hang gitu..setelah 15 menit dalam line, akhirnya lewat juga..pas mau pakai sepatu *boots* diliatin ama kakek-kakek, kayanya dah gatel pengen komentar. Bener aja, gak lama si kakek dateng, nanya gini "mau ke Alaska ya?"..huaa..I wish :))...sirik aja liat boots kita hih :)..


Nunggu di gatenya, dah pada ngantri *Southwest kayanya selalu open seat deh, jadi kaya naik bus :P*, ngantrinya pada enak lagi, sambil duduk di kursi, curang...dah jam 10 belum ada tanda-tanda mau di suruh boarding..gak lama di kasih pengumuman, pindah boo gatenya, huaa..buru-buru deh jalan ke gate terbaru. Dah jam 10.20 masih belum ada tanda-tanda bakal di suruh boarding, pesawatnya malah kabur *aneh*, akhirnya jam 10.45 baru boarding, untung masih dapat tempat duduk yang enak, jam 11 berangkat.

Karena telat dah pengumuman sama Ani yang bakal jemput, tapi tetep aja dia jemputnya kepagian :)..suaminya *Randy* nunggu di mobil, pas dah ambil koper, langsung deh jalan menuju ke downtown Albuquerque. Cari makan dulu dong..tujuannya ke Thai Crystal yang ada di sebrang Alvarado Station. Makanannya gak enak :(..abis itu Randy balik rumah *mesti tidur, dia kerja malam* kita jalan-jalan sendiri di sekitar Downtown.


Kesan pertama, Albuquerque agak-agak Ghetto *maap lho Ni, tapi situ setuju kan? hehhe*, homelessnya agak-agak menyeramkan, gak ngerasa aman aja..tapi pohonnya bagus-bagus :)..langsung dong gak bisa diem liat object bagus :)..lagi jalan gitu ada yang main skateboard bilang gini "nice boots, Love it"..ok deh...dah 2 kali di komentarin nih dalam sehari *eh, 3 kali deng, pas Randy pertama liat juga bilang "I like your boots"*..kayanya dah mulai mencurigakan nih, ini lagi muji bootsnya atau nyela :D..dan gak berhenti disitu, sepanjang hari orang ngeliatin bootsnya aja *emang belum ada yang pake sih, tapi biasa aja dong liatnya :P*, di tanyain terus ama orang, beli dimana lah dll..dan itu berlanjut sampai besoknya di Santa Fe, suer, gak boong ...:D

Acara jalan-jalan kita lanjutkan naik bus, tujuannya ke Botanical Garden, sampai sana dah tutup, tapi gak terlalu menarik juga sih, gabung sama zoo kecil gitu..hmm..eh ya, yang menarik disini banyak banget cabe di gantung di mana-mana, ternyata state vegetablenya cabe toh :)..
Eh ya, karena ini Halloween day, dimana-mana banyak yang pake kostum, dimulai dari bandara, sempet liat Harry Potter lho :)..dan Britney Spears cowok hihih..
Selain pohon-pohon di musim gugur yang menarik *maklum dari Vegas, gak ada pohon gituan soalnya* disana juga banyak mural, salah satunya ini :

Akhirnya kita memutuskan pulang ke Apartement, soalnya besok mesti jalan 5.30 pagi dari apart ke bus station..
Day 2. Albuquerque-Santa Fe-Albuquerque
Jam 4.45 pagi dah bangun, siap-siap, taxi dah di telp dari semalem, jam 5.25 dah di telpon taxinya, katanya dah nunggu di gerbang depan, ok deh, berangkat ke station. Sampai di Alvarado Station jam 5.50 pagi, busnya belum dateng, datengnya jam 6, berangkatnya jam 6.10 *ini bus paling siang, buat yang kerja gitu, jadi ada 3 tempat yang mereka datengin, trus langsung menuju ke Santa Fe, pulangnya baru mulai ada jam 4 sore, tempat perhentian di Sante Fe juga ada 3*. Kita tergolong nekat juga, gak nanya busnya bakal berhenti dimana, kita tunggu sampai di perhentian terakhir, untung bener, di daerah downtown gitu, di depan visitor center, Capitol, 5 menit dari Loretto Chapel, pokoknya strategis deh. Tapi di Downtown Santa Fe ini emang di sarankan untuk jalan kaki aja, secara dari satu object ke object lainnya *tempat menarik* cuma beda beberapa menit jalan kaki, menyenangkan :).

Jam 7.30 kita sampai di Santa Fe, langsung tertarik sama Capitolnya, tapi kita belum tahu kalo itu apa, photo-photo aja dulu..eh ya, disini lebih dingin dari Albuquerque, jadi pagi-pagi itu dah kaya winter banget, katanya sih biasa pas Halloween dah turun salju, tapi kemarin untungnya gak..
Abis itu kita ke visitor center, di kasih peta, dikasih penjelasan, orangnya lucu banget :)..akhirnya mulai jalan itu kira-kira jam 8.30 pagi..di mulai dari gereja tertua *san Miguel* trus Loretto Chapel *miraculous staircase*, Cathedral Basilica of St. Francis of Assisi, Institue of American Indian Arts Museum, the Plaza...seneng banget liat bangunan tua dimana-mana, tamannya banyak, tempat duduknya enak, mantep deh pokoknya..eh ya, di sebrang Cathedral kan ada pertokoan gitu, bentuknya segi empat gitu, tengahnya bolong *bagian belakang toko-toko*, buat tempat makan *ada beberapa cafe* dan santai-santai, bisa juga masuk tokonya dari arah belakang..(Photo di bawah, San Miguel, Loretto Chapel, Miraculous staircase, Cathedral).






Di plazanya sendiri *taman gitu* banyak yang duduk-duduk aja, ada 1 street vendor yang jual Fajitas *gak nyobain, baru sarapan pagi di hotel belakang Loretto Chapel*, jalan-jalan bentar, duduk-duduk di taman, bolak balik muterin area situ, ternyata semua tempat dah kita datengin, padahal baru jam 1 siang. Akhirnya cari makan siang yang ringan, pilihan jatuh di French pastry, tempatnya kecil tapi bagus, makanannya juga keliatan enak, dan ternyata emang enak :)..sempet bungkus segala buat pulang. Akhirnya balik ke tempat bus deh, duduk sambil leha-leha disana.
Photo dibawah (Pertokoan, lorong menuju belakang pertokoan dan taman di the plaza)
Sampai di Albuquerque lagi dah jam 5.30an, naik bus menuju resto Vietnam, lagi pengen makan noodle di pho nih :), masih lebih enak dari yang di Vegas, tapi lumayan lah, disini banyaknya restoran Thai dan Vietnam, agak jarang makanan Chinese, yang lainnya kebanyakan brazilian atau mexican, gak sempet nyobain.

Pulang makan balik ke apart, teler, besoknya mau bangun siang, kan mau pergi ke Carlsbad *kira-kira 5 jam perjalanan*, dan kita bakal nginep disana, jadi bisa santai-santai paginya.

Day3. Albuquerque-Carlsbad

Bangun jam 9 lewat, Randy masih tidur *baru pulang kerja jam 8 pagi*, Ani dah bangun dan siap-siap mau jalan ke ATM deket rumah, akhirnya ikut juga soalnya mau cari sepatu murah buat ke Cavern Cave besok *cuma bawa boots, soalnya gak rencana mau ke gua tadinya, tapi mau ke White Sand, ntah gimana akhirnya bisa berubah rencana :P*. Mampir ke Payless, dapet sepatu murah dan keren hihih...beres deh..

Pulang ke rumah, siap-siap mau pergi, akhirnya jam 1 siang baru jalan dari rumah. Mampir makan siang dulu di Siam Cafe *kasian deh Randy, diajakin makan di Asian Cuisine terus :P*, trus ke Jackalope, sempet beli postcard dan tempelan kulkas, sebenarnya dia jual segala macem gitu, dari guci-guci sampai barang seni gitu :)..

Dari situ kita lansung jalan menuju ke Carlsbad deh, sepanjang perjalanan *highway* gak ada menarik, pas dah malem sempet ngelewatin Roswell, kota yang dulu katanya pernah kedatangan UFO, makanya lampu-lampu jalannya gitu juga bentuk alien, pokoknya hampir semua yang ada di kota itu ada hubungannya ama Alien gitu deh *dari Museum, bentuk bangunan dll*, gak sempet di photo, dah teler, lagi menikmati perjalanan hihih..

Keluar dari kota Roswell kita ngelewatin tempat pengolahan sampah yang baunya ampun-ampunan, lama lagi, bertahan sampai 1/2 jam-an tuh, akhirnya diputuskan besok pulangnya kita lewat jalur lain aja :)..

Sampai di Carlsbad *ke hotel yang dah kita pesen sebelumnya * jam 8 malem, abis check in ke walmart bentar *ada yang lupa bawa baju tidur hihi* sekalian beli mie instant buat sarapan *soalnya sarapan hotel ini biasanya gak enak*. Balik ke hotel semua pada tidur, kecuali saya hiksss...sampai jam 6 pagi masih gak bisa tidur, akhirnya di paksain, jam 8 pagi dah bangun..

Day 4. Carlsbad-Cavern Cave-Albuquerque

Siap-siap buat check out. Raja tidur masih belum bangun-bangun juga, akhirnya check out jam 10.30 siang :).

Langsung jalan ke Cave, perjalanan cuma 40 menit, viewnya lumayan bagus, banyak kaktus gitu, sampai disana langsung beli tiket *kita mau ikut yang guided tour juga, jadi beli 2 tiket*, karena kaki Randy agak bermasalah jadi kita pilih naik Elevator aja. Sebelum naik ke Elevator di kasih petunjuk dulu, jangan sentuh isi gua, jangan terpisah dari rombongan dll, ternyata trailnya udah ada, gede sih emang guanya, tapi gak bakal nyasar lah :)...


Setelah selesai dengan gua yang self guided, kita makan siang sambil nunggu tour buat ke gua yang satunya lagi. Untung di dalam guanya ini ada tempat makan, lumayan deh jadinya :).

Jam 2 kita mulai ikut tour ke gua yang lainnya. Yang ikut banyak juga, kira-kira 50 orang, guidenya satu di depan dan satu di belakang, ternyata guanya lebih bagus kemana-mana. Tapi emang trailnya lebih menantang dari yang buat umum itu sih, untung kita pilih ikutan tour yang ini juga.


Di beberapa titik tertentu kita di suruh duduk di pinggiran pagar yang dah di sediain trus di ceritain tentang asal usul gua ini, menarik..trus ada satu spot dimana lampunya dimatiin semua, jadi bener-bener gelap gulita *kita dah dikasih tahu sebelumnya, tapi pas di matiin itu tetep kaget aja, karena gak pake aba-aba, tiba-tiba aja gitu :P*. Akhirnya ada yang minta di nyalain, soalnya takut gelap :(...

Selesai tour kita naik lagi ke atas *ngantri elevatornya lama :(*, trus mampir ke gift shop ama bookshop sebentar.

Perjalanan pulang menuju Albuquerque ngelewatin jalan memutar, lewat hutan-hutan dan gunung gitu, sempat pipis di pinggir jalan *menuju ke pohonnnya jauh, gelap pula* segala hihih...soalnya kita ada di antah berantah, mana laper, akhirnya ngegadoin chips deh :(...sampai di peradaban terdekat *eh ya, selama di carlsbad dan daerah sekitarnya gak dapet sinyal dari T-mobile, sinyalnya dapet dari provider lain sih, tapi mesti bayar extra lagi karena pakai provider lain huh* satu-satunya tempat yang masih buka cuma Mc. D :((...wah, makan Mc. D deh...tapi itu juga enak kok, soalnya dah laper berat...akhirnya sampai di rumah jam 12 malem (perjalanan sekitar 7.5 jam), tadinya mau ngelewati white sand juga, tapi dah gak guna dong, malem gitu lho :D..untung gak di paksain, bisa tambah malem pulangnya.

Malam ini nyenyak deh tidurnya, dah kurang tidur, cape pula, cucok deh :).

Day 5. Albuquerque-Las Vegas

Bangun jam 11 siang, cari-cari info restoran mana yang buka hari ini *minggu, banyak yang gak buka, jadi kangen Vegas kalo gini :D*, tadinya mua nyobain Krung Thai, tapi di telpon gak di angkat-angkat, jadi mestinya tutup. Akhirnya nyobain mau makan di resto Vietnam yang waktu itu di cobain *pas pulang dari Santa Fe*, sampai sana tutup, lanjut ke resto Vietnam yang lain, tutup juga, baru buka jam 2 siang, akhirnya di putuskan ke mall aja, di foodcourt ada yang jual makanan Vietnam juga, dah pasti buka dong, sampai di mall, tempatnya tutup buat selamanya hihih, just my luck I guess :)..ya udah, cari apa aja deh yang buka, eh ngelewatin Pei Wei, kata suami sih enak, model kaya PF Chang gitu *chinese resto but run by americans*, akhirnya nyobain disitu, mayan enak, cuma nasi ama kwetiaunya kok keras gitu yah, kaya gak mateng :D..tapi ya sutralah..

Dari sana langsung lanjut ke Airport, say good bye to Randy and Ani *I'll see you guys in Vegas ok?*, dan ternyataaaaaa...pesawat di delay lagi :(..ini pertama kalinya naik Southwest dah dapet hoki gini :D...dinikmati ajalah..sampai lagi di Vegas dah sore, capeeee....ke gereja trus pulang beres-beres deh...

Perjalanan berakhir disini :)..next destination --> Hawaii *semoga - in January 2008*

0 Comments:

Post a Comment

<< Home